CARI SHOCKBREAKER

CARI SHOCKBREAKER

CARI MACAM MACAM SHOCK BREAKER MOBIL

Dalam bentuk yang paling sederhana, shock breaker adalah pompa hidraulik (minyak) seperti perangkat yang membantu mengontrol dampak dan memantul gerakan dan suspensi kendaraan mobil  Anda. Seiring dengan meredam gundukan dan getaran, peran kunci shockbreaker mobil adalah untuk memastikan bahwa ban kendaraan tetap bersentuhan dengan permukaan jalan setiap saat, yang memastikan kontrol dan pengereman paling aman dari mobil Anda.Bermacam macam jenis dan merk yang dijual di toko shockbreaker mobil.

Apa yang dilakukan shock breaker ?

Pada dasarnya, shock breaker melakukan dua hal. Selain mengendalikan pergerakan pegas dan suspensi, shock breaker juga menjaga ban Anda tetap bersentuhan dengan tanah setiap saat. Saat istirahat atau bergerak, permukaan bawah ban Anda adalah satu-satunya bagian kendaraan Anda yang bersentuhan dengan jalan. Setiap kali kontak ban dengan tanah rusak atau berkurang, kemampuan Anda untuk mengemudi, mengemudi dan rem sangat terganggu. Meskipun kebanyakan orang berpikir, shock breaker tidak mendukung berat kendaraan.

Lebih detailnya sebagai berikut :

Pertama, sedikit pengetahuan. Shock breaker bekerja dengan mengambil energi kinetik (gerakan) suspensi Anda dan mengubahnya menjadi energi panas (panas) yang kemudian dihamburkan ke atmosfer melalui mekanisme pertukaran panas.

Kedua, seperti disebutkan, shock breaker pada dasarnya adalah pompa oli. Piston melekat pada ujung batang piston dan bekerja melawan fluida hidrolik di dalam tabung tekanan. Saat suspensi bergerak ke atas dan ke bawah, cairan hidrolik dipaksa melalui lubang (lubang kecil) di dalam piston. Karena lubang hanya memungkinkan sejumlah kecil cairan melalui piston, piston diperlambat yang pada gilirannya memperlambat pergerakan pegas dan suspensi mobil anda. Shock breaker secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi jalan karena semakin cepat suspensi bergerak, semakin banyak hambatan yang mereka berikan.

Jenis shock breaker

Meskipun semua shock breaker melakukan pekerjaan yang sama, berbagai jenis kendaraan dan desain suspensi memerlukan jenis shock breaker yang berbeda yang dapat muncul secara  berbeda.

Tidak masalah aplikasinya, semua shock breaker masuk ke dalam salah satu dari tiga jenis shock breaker teleskopik, struts, atau guncangan kursi pegas yang didefinisikan secara lebih luas.

Shock breaker teleskopik konvensional

Ini adalah tipe shock absorber yang paling sederhana dan umumnya diganti daripada diperbaiki. Jenis shock absorber ini dapat ditemukan pada sistem suspensi depan dan belakang mobil dan relatif tidak mahal.

Shock breaker  tipe strut

Meskipun mereka melakukan pekerjaan dasar yang sama, struts menggantikan bagian dari sistem suspensi dan harus lebih kokoh dibangun untuk mengatasi beban dan kekuatan yang lebih besar. Meskipun paling sering terlihat di bagian depan dan belakang mobil kecil hingga sedang, mobil yang lebih besar sekarang cenderung ke arah desain suspensi berbasis strut. Kategori strut dibagi lagi menjadi unit yang disegel dan diperbaiki. Seperti namanya, unit yang disegel dirancang untuk sepenuhnya diganti, sementara struts yang dapat diperbaiki (McPherson) dapat dipasang dengan penggantian strut cartridges.

Pegas pada kursi

Jenis kursi pegas menunjukkan karakteristik shock breaker teleskopik dan tipe strut. Seperti struts, shock kursi pegas adalah unit suspensi dan peredam perangkat dalam satu unit. Namun, tidak seperti struts, mereka tidak dirancang untuk dikenakan beban sisi yang tinggi. Dibangun menggunakan komponen yang mirip dengan shock breaker konvensional, guncangan dudukan pegas juga disegel sehingga membutuhkan penggantian penuh.